January 23, 2017

Lolipop Menjadi Versi Android Terbaru

Advertisement / Iklan

Pada oktober 2014 lalu, google resmi mengumumkan versi android terbaru yaitu android 5.0 atau yang disebut juga dengan android lollipop. Android Lollipop ini dinyatakan sebagai update yang paling besar pada sistem operasi Android selama android diciptakan. lolipop-menjadi-versi-android-terbaruMaka dari itu tidaklah heran jika penerus dari sistem operasi android KitKat ini terdapat banyak perubahan yang signifikan. Google sendiri telah menerapkan beberapa macam fitur terbaru pada sistem operasi Android terbaru atau android 5.0 Lollipop ini. Perubahan yang paling mencolok dapat anda lihat pada desain interface Android 5.0 Lollipop yang baru. Interface tersebut disebut dengan Material Design. Insipari konsep UI Material Design ini didapatkan dari tinta serta kertas yang mengangkat tampilan visual yang datar, sederhana, minimalis, serta dilengkapi pula dengan efek animasi baru. Hal ini tentunya membuat tampilan android lebih keren dan juga modern.

Advertisement / Iklan

Di samping perubahan yang mencolok, ada pula perubahan yang paling signifikan dari Android Lollipop ini namun tak begitu terlihat oleh para pengguna. Perubahan yang dimaksud adalah penggunanan ART runtime. Dimana selama ini Dalvik lah yang selalu digunakan pada semua jenis android versi sebelumnya. Konsep Just-in-Time diterapkan pada Dalvik, yang menggunakan kode aplikasi dikompilasi saat sistem dijalankan. Konsep Ahead-of-Time diterapkan pada ART. Penggunaan konsep ini pada versi android terbaru membuat proses kompilasi dari semua kode aplikasi android dilakukan saat instalasi. Dengan demikian proses dari instalasi akan memakan waktu lebih lama sekaligus menghabiskan ruang di memori yang cukup banyak. Namun jangan khawatir dengan performa, sebab performa smartphone saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus akan meningkat secara dramatis berkar android lollipop.

Ada pula fitur lainnya yang dapat anda lihat di android lollipop ini. Project Volta merupakan teknologi yang disematkan pada android terbaru ini. Dimana teknologi ini diklaim secara signifikan mampu menambah kemampuan daya tahan baterai smartphone hingga mencapai 30% lebih lama waktunya daripada biasanya. Project Volta yang ada pada Android Lollipop ini merupakan tindakan dari Google untuk menanggapi munculnya fenomena smartphone yang identik dengan daya baterai yang boros. Tak hanya itu saja, versi android terbaru ini ternyata juga telah mendukung arsitektur 64-bit. Hal ini memungkinkan gadget anda dapat memakai memori RAMĀ  yang kapasitasnya lebih dari 4GB. Karena selama ini gadget yang berbasis android hanya mampu menggunakan RAMĀ  hingga sebesar